Sumber Foto: instagram.com/tasyafarasya & Instagram.com/hamidahrachmayanti
Oleh: Anadya Tiara Athaya Jinan
Satu bulan di karantina nampaknya membuat banyak sekali masyarakat dilanda rasa bosan karena harus terus menerus beraktivitas di dalam rumah. Namun sejak pertengahan April lalu, media sosial diramaikan dengan beredarnya video bertajuk “#passthebrushchallenge” kemudian disusul dengan berbagai challenge lainnya yang ikut viral di media sosial.
Menukil dari halaman Wikipedia, TikTok sendiri adalah layanan jaringan sosial dan platform video musik yang berasal dari Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pengguna untuk membuat video music mereka sendiri. Pada 3 Juli 2018, Tiktok sempat diblokir oleh Kemenkominfo Indonesia, karena pihak Kemenkominfo telah melakukan pemantauan mengenai aplikasi tersebut selama sebulan dan mendapati banyaknya laporan keluhan tentang aplikasi tersebut. Menurut Menteri Rudiantara, banyak sekali konten negatif terutama untuk anak-anak. Pemblokiran aplikasi TikTok sudah dikoordinasikan dengan Kemen PPA dan KPAI. Namun kini, Kemenkominfo telah mencabut pemblokiran atas aplikasi TikTok dan sejak saat itu TikTok makin melesat kepopulerannya di Indonesia dan dunia.
Kepopuleran TikTok di Indonesia dan dunia makin melesat seiring berjalannya waktu, terutama di masa karantina Covid-19, dimana masyarakat tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas diluar rumah dan melakukan segala aktivitas pekerjaan di dalam rumah. Sejak diadakannya masa karantina Covid-19, banyak challenge-challenge menarik yang viral lewat layanan jaringan media sosial TikTok, salah satunya adalah #passthebrushchallenge.
Dilansir dari halaman suara.com, #passthebrushchallengesendiri adalah tantangan yang mengharuskan pengguna TikTok yang ingin berpartisipasi membuat video dengan melempar alat make-up mereka ke orang lain. Lalu, setelah mendapatkan lemparan brush dari teman, wajah mereka berubah full make up. Selain riasan wajah, kita juga bisa berkreasi dengan pakaian yang kita kenakan sebelum dan sesudah selesai di rias. #passthebrushchallenge sendiri tidak diketahui siapa yang awal mulanya mengusung challenge ini. Challenge ini mulai popular di Indonesia sejak Tasya Farasya beserta teman-teman beauty influencer lainnya mengunggah video tersebut di akun Instagram dan TikTok dengan tagar #PassTheBrushChallenge. Tantangan #passthebrushchallenge juga dapat menjadi ajang untuk mengobati rasa rindu dengan aktivitas berdandan sebelum melakukan aktivitas diluar rumah lho.
Sejak saat itu pula, banyak masyarakat yang mengikuti challenge ini dan mengunggahnya ke media sosial. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, challenge ini terus berkembang dan semakin bervariatif, ada #passtheglasseschallenge yakni tantangan dengan konsep serupa dengan #passthebrushchallengetetapi menggunakan kacamata sebagai alat yang ‘dioperkan”, lalu ada #passthemaskedchallenge yakni tantangan yang digunakan untuk mengkampanyekan gerakan memakai masker bagi masyarakat yang masih beraktivitas diluar rumah untuk cegah penyebaran Covid-19.
Bagaimana Kawan JTV? Cukup menarik bukan challenge-challenge diatas? Kawan JTV bisa ikuti challenge yang ada bersama teman-teman kalian untuk mengatasi rasa bosan dan mengisi waktu senggang lho.
Komentar